Kamis, 27 Maret 2008

Antara Kulkas, Kol dan Kopi

Di belakang rumah saya ada sebuah kulkas berisi orang

Gadis manis berada di dalam kulkas
Gemetar sekujur tubuhnya
malang nian nasibmu
kuingin menolong dirinya
...

Tapi bagaimana mungkin?
Jangankan menolong gadis itu.
Aku sendiri, berada dalam mesin cuci..
(Kulkas, The Panas Dalam)


Akhir-akhir ini nafsu makan gw lagi mengalami kelainan. Sebenernya sih sama aja. Bedanya, persediaan mie lagi abis, jadi ga ada yang bisa meredam rasa lapar. Ditambah lagi, tampaknya ga ada yang cukup peduli untuk beli lagi persediaan mie. Yang ada nasi. Alhamdulillah selalu ada nasi. Tapi nasi juga perlu pendamping dong, so i take a look at kulkas.

Kulkas, alias refrigerator. Kalo di The Sims, ini termasuk barang utama yang kudu ada di dapur, karena menyangkut kebutuhan pokok seorang Sims: makan. Kalo doi lapar, yang dituju adalah kulkas. Ga beda sama manusia. Jika tudung saji tak berpenghuni, selain liatin magic jar dan rak penyimpanan mie, kulkas akan menjadi atensi utama.

Ngomong-ngomong soal kulkas di rumah, jika gw melihat isinya baru-baru ini, yang menonjol adalah kol dan cabe rawit yang semakin menipis (tentunya selain bawang merah, bawang putih dan tomat yang selalu tersedia buat nyambel). Kolnya banyaaak banget. Buah tangan dari mamah gw yang lagi getol ke Tasik. Saking ga ada sayur jenis lain, kemaren-kemaren gw bikin mie pake kol. Bikin nasi goreng pake kol, bikin tumis pake kol. Semua pake kol. Gara-gara tempe mahal (ada salam dari kedelai) dan cuma ada kol, gw akhirnya bikin kol goreng tepung. Yah, lumayan lah. Walaupun agak maksa. Walaupun udah gila-gilaan makan kol, tetep aja tu kol belum abis dari kulkas.

Gw pikir, kol adalah sayuran yang cukup oke. Katanya sih, semua keluarga kol mengandung senyawa anti kanker dan merupakan sumber vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta mineral, kalsium, kalium, klor, fosfor, sodium dan sulfur. Kandungan serat kasar pada kol sangat tinggi sehingga dapat memperkecil resiko penyakit kanker lambung dan usus. Detailnya, dapat mengurangi terjadinya kanker usus besar sebanyak 66 %. Manfaat lain dari kol adalah dapat mencegah dan menyembuhkan luka lambung, menstimulasi kekebalan, menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta dapat mencegah infeksi.

Gw juga ga yakin kol doang bisa ningkatin nafsu makan gila-gilaan. Tapi itu terjadi. Maksudnya, porsi makan gw lagi banyak banget. Porsi sarapan bisa seperti porsi makan siang dengan menu makan siang. Gw aja aneh. Ijal menyebut porsi gw dengan "porsi kuli". Di kantin, gw makan nasi setumpuk dengan mie goreng dan hampir tertarik dengan kentang balado (ada salam dari karbohidrat). Gw bercermin ke piring Lulu: kenapa gw ga tertarik sama cumi-cumi?

Katanya jangan kebanyakan makan kol juga sih, soalnya kandungan goitrinsnya dapat menganggu keseimbangan iodium dalam darah, ini dapat terjadi pada orang-orang tertentu yang menderita mag, gastritis dan perut kembung. Mengkonsumsi kol yang berlebih akan menyebabkan terbentuknya gas dalam lambung. Tetapi jika asupan iodium dari makanan lain seimbang, mengkonsumsi kol tidak perlu lagi dirisaukan.

Apakah gw makan kol berlebih bisa bikin mual? Sekarang gw lumayan sering mual.. Tapi setelah gw pikir-pikir, gw mual lebih sering setelah menikmati kopi deng. Ga kopi beneran, cuma moccachino atau kopi krim biasa. Kan asik tuh, minum kopi susu pagi atau sore2 sambil ujan.. Buat nyeling-nyeling teh. Trus, gw tanya Deta. Gw yakin doi pasti ngerti, karena ga akan lama lagi akan gw panggil dokter Deta. Katanya, di kopi ada kafeinnya (uhum..) yang kalo diminum bakal diserap oleh usus, trus masuk ke peredaran darah, bisa nambah suplai darah ke otak sehingga bikin segar. Sayangnya kafein juga memacu sekresi asam lambung berlebih melaui mekanisme neurohormonal (nah, bagian ini gw agak bengong... inget faal). Nah, di lambung yang sensitif, asam lambung itu bisa bikin mual atau perih. Pas gw baca bagian ini, gw inget kata-katanya Budi. Katanya itu gejala maag. Deta nge-iya-in lagi. Masa sih gw bergejala maag? Sejauh yang gw tau, gw ga pernah punya. Dipikir-pikir, ko bisa ya, napsu makan gw lagi gila-gilaan tapi ada wacana gejala maag?

Hum.. mungkin itu karena gw kebanyakan makan kol sama minum kopi (pada saat yang bersamaan) kali ya?
Wallahualam deh =D

Tidak ada komentar: