Selasa, 04 November 2008

I'd do anything 4u, bcoz...


Berdasarkan pengalaman selama sebulan ini... ternyata ada tiga hal yang membuat orang akan bersedia "melakukan apa saja" buat kita.

1. Rasa bersalah
Siapa yang ngerasa pernaaaaaaaaaah? Untuk alasan yang satu ini, ntah kenapa sekarang lagi merasa mengeruk keuntungan dari rasa bersalah orang. Duh.. maaf ya, ga maksud ko.. Aku juga pernah ngerasa "i'll do anything 4u" karena rasa bersalah. Nah, rasa bersalah ini, termasuk dalam kualifikasi: lagi punya dosa terus kepergok. Supaya kita ga dilaporin, kita nyogok orang deh buat shut-up. "i'll do anything 4u" ini dimotivasi juga oleh rasa bersalah, bukan? Hm, coba ditilik: kenapa ga "i'll do something 4u"? karena.. bahkan ke hal2 yang berkonotasi negatif bakal dilakukan demi menghapus rasa bersalah. Dan tentunya, bisa aja ga cuma sekali kan? Hahaha..

2. Rasa cinta.
Ngakuuuuu... terutama yang lagi jatuh cintah. Ya ya.. ga ngaku juga gapapa. I'd do anything berasa ga dilakukan karena kita ngelakuin itu (sebenernya) untuk kesejahteraan diri sendiri juga. hehe5=p Rasanya seneng ajah ngelakuin segala hal buat orang yang kita sayang. Termasuk efek "rela berkorban" yang menyertainya. Dan soundtrack of the day-nya adalah "i'll give the whole world 4u". Bener ga..

3. Utang budi.
Atau secara halus: punya rasa terima kasih. Pada umumnya, utang budi punya muatan lebih besar daripada sekedar utang duit. Standar ngebalesnya sungguh sangat subjektif, karena ga ada itungan eksak untuk bikin impas. Kasarnya, semakin besar yang dilakukan orang untuk kita, semakin kita ngerasa punya utang budi yang harus dibales. Saking complicatednya, utang budi kadang dibalas dengan pemberian material berlebihan. Yang juga termasuk dalam kategori ini adalah: "kalau ada maunya", istilahnya nyogok. Kalau seperti ini, urusan pembalasan-budi bisa dobel. Before-after. Eksperimental banged dah.

Contoh masalah utang budi ini misalnya Siti Nurbaya. Kata sapa dia nikah dijodoin? Di roman aslinya, keputusan Siti untuk menikah dengan Datux Maringgih adalah inisiatif. Ortunya punya utang, biar lunas, dia ngorbanin cinta dan diri sendiri dengan menikah dengan The Datux. The Datux senanglah. Masa ada kucing nolak daging?


***

Pesan moralnya adalah..
Pertama. Kalau ada orang yang melakukan 3 hal di atas ke kita, jangan dimanfaatin dengan minta yang macem2 dong. Kan kesian. Menyukuri boleh, menerima juga ga dilarang, asal mereka tenang lagi aja. Bilang aja kita mah ikhlas... Kedua, jaga agar kita ga punya ketiga rasa diatas secara berlebihan. Kita ga mau kan kayak The Calling nyanyiin Adrienne "..u used me, used me up..."

Tulisan ini dibuat hanya untuk bersenang2. Inspired by sinetron jg tentunya=p

Tidak ada komentar: