Jumat, 12 September 2008

Which one do you prefer?

Hadi's, Rizal's, or Budi's


Hadi's

Waktu itu, gw nebeng pulang sama Hadi dari wisudaan anak-anak gelombang 4. Di jalan, tepatnya di depan Pabrik Grantex, gw liat ada tukang lengkeng yang tulisannya "Lengkeng 5000 pas". Nah, gw sama Hadi yang bisa dibilang doyan lengkeng, dengan maksud ngasi tau Hadi gw pengen beli, gw bilang: "Di, lengkeng tuh Di!" But he just go on and on. "Iya, No, lengkeng." then he said, "ya udah lah, ntar juga kalo udah jodo sama tu lengkeng, ntar di depan juga ketemu lagi. Dan sampai depan rumah gw, kita ga ketemu sama tukang lengkeng manapun (yang lagi jualan lengkeng).

Selanjutnya, di depan gang besar, Hadi nemu tukang kerupuk BKB (Bukan Kerupuk Biasa). Gw ngerasa dia mupeng banget, emang tu kerupuk keliatannya enak banget. Gw juga sebenernya mau. Tapi lagi-lagi dia lewatin. Ga lama dia kayaknya nyesel juga.. "Kapan lagi nemu tukang kerupuk kayak gitu ya?? di mana belinya juga ga ngerti. Heuheu.."

Rizal's

Waktu Ijal nganter gw pulang dari sama-sama setor laporan ke BPI, tiba-tiba aja kita ngomongin es kelapa muda. Dengan catatan hari itu adalah jam 4 sore di bulan Ramadhan, ngomongin es kelapa muda adalah godaan luar biasa. Dengan tekad membara kita harus dapet es kelapa buat buka, kalau bisa yang masih fresh. So, tukang es kelapa yang paling pertama kita temukan, langsung kita berhenti. Ijal malah beli kokomoan, langsung 4. Padahal yang ada di tempat itu cuman ada es kelapa yang udah dicampur sama susu n udah dibungkus, ga bisa custom sesuka kita. Ya sud, gapapa. Hore, kelapa muda!! Tapi ternyata, sampai depan rumah gw, ada sekian tukang es kelapa yang kita lewatin. Dari mulai yang masih pada utuh kelapanya, sampai yang udah siap saji. Bahkan di depan rumah makan padang aja* (tempat kita beli buat buka), ada. Ternyata masing-masing cuman bisa makan sebungkus. Tajil ini aja udah bikin kenyang..

*) Sebagai catatan, di rumah makan Padang itu tersedia Tunjang dan Otak. Hal yang ga setiap rumah makan Padang punya. Tentu aja, di sana selalu ada rendang. Nemunya juga ga sengaja, tapi Ijal rasanya sudah cukup puas dengan rasa dan harganya.. Maka sejak saat itu, kalau mau ke Padang, kita selalu mampir ke Talago Biru.

Budi's

Nah, kalo ini waktu Budi pengen dianter ke Jatos, cari celana kerja. Kebeneran gw lagi pengen jalan. Setelah muter2 di Pojok Busana, Cardinal yang budi kecengin ga ada yang warna item (padahal di sono berjajar celana Cardinal diskon 50% yang biru donker). Padahal, kalo udah dipake, siapa sih yang realise bahwa tu celana warnanya biru donker?? Tapi Budi ga mau kalo ga item. Ya udah, terserah.

Setelahnya, gw ajak dia ke bagian wanita. Dan mata gw tertumbuk pada sebuah blazer cantik warna biru tua. Modelnya oke banget! Dan ukurannya S!! Jarang toh gw langsung dapet ukuran S yang bener-bener S?? Gw cobain tu baju. Edun, kece berat. Pas banget di badan gw, tampak dewasa dan tampak eksekutif muda banget (sebenernya, modelnya rada ngatung gitu, tapi pas gw pake mah kayak ukuran blazer model biasa=p). Harganya? Well, buat blazer se-kece itu, harga segitu worthy lah. Mana pas lagi. Walau rada mahal buat ukuran baju yang biasa gw beli.. Akhirnya gw minta pertimbangan Budi. Dia bilang, "udah beli aja! Kapan lagi ke sini dan nemu yang langsung pas sama badan lo??" Iya juga. Akhirnya gw beli tu blazer. Dan sampai sekarang, tu blazer baru gw pake sekali doang.



***

Well, there are three ways people do with their chances. Gw sebenernya bukan mau menganalisis masing-masing orang berdasarkan cara mereka memperlakukan kesempatan yang datang, tapi... rasanya gw orang yang rada sulit buat memutuskan. Gw cuma ingin bercermin dari mereka. Misalnya masalah kerja. Apakah kita harus membabi buta cari lowongan kerja lalu masuk dengan cepat di tempat yang paling pertama manggil dengan resiko belum tentu cocok, atau dengan idealis nunggu sampai yang bener-bener cocok tapi ga tau kapan, atau mengambil kesempatan-kesempatan kecil yang ada tanpa bergerak kemana-mana??

Yah, gitu deh. Terkadang gw suka bingung. Sebenernya yang bener tuh yang kayak gimana sih??
- Yang pasrah dengan prinsip kalo emang jodo pasti ga lari kemana dan berarti yang lebih baik tetap menanti di depan sana (dengan resiko nyesel kalo ga dapet)
- Yang langsung go pada kesempatan pertama dan tetep stay di tempat itu aja (dan ga eksplor ke tempat lain untuk sementara waktu), atau
- Yang keukeuh sama prinsip dan ga melewatkan kesempatan..

Sekarang sih, gw tetep ambil dengan membabi buta kesempatan-kesempatan kecil yang datang sambil nunggu yang bener-bener cocok. Hahahaha.. Hasilnya? Ga jelek, I still do what i love to do, i get what i should get, and of course, tetap menyukuri bahwa kita masih diberi kesempatan untuk membuat pilihan-pilihan hidup. Alhamdulillah=)

Btw, kalau kamu milih yang mana??
(Bukan milih antara Hadi, Ijal, atau Budi.. tapi gimana cara kamu mengambil kesempatan)


Saking pengennya lengkeng itu, pas ada kesempatan ketemu sama tu tukang lengkeng, gw langsung minta setop dan beli. Ternyata 5000 (3 ons) itu dapetnya seuprit doang. Yang biasa dipajang bungkusnya tuh yang 10.000an (7ons). Ga bisa milih lagi. sama aja soalnya. Dan kualitasnya? Ya ampun.. ga banget deh. Udah bees kali ya? (akhirnya gw pilihin dan gw kupasin satu-satu bakal jadi campuran es sirup). Dan itu pun cuma bisa dimakan setengahnya dari yang gw beli. Dan mamah bilang, "..lain kali kalau mau beli lengkeng di Griya aja, bisa milih..." dan itu adalah tempat dimana Hadi selalu beli lengkeng enak.

=)


3 komentar:

....WasiL.... mengatakan...

gw tanya dulu ma Dia..
lalu, follow ur heart...
biasanya siy yg memang sesuai dngan cita2 dan idealisme ya...
walopun mgkn jadinya ga gitu "wah" di mata org lain,but, who cares ??

Anonim mengatakan...

Numpang lewat :)

kata filsuf besar barat, McCartney dan Lennon, "If you don't take her out tonight, she'll gonna change her mind"

Tinggal hasil akhir sebanding ngga dengan pengorbanan.

Kalau kelengkeng sih masih lumayan, bisa balik modal. Tapi kalau kepiting? Udah susah, mahal, dikit pula...

Calculated risk lah...

Astrid mengatakan...

hehe,,numpang komen lagi, bu.

sikap mana yang lebih baik diambil, tergantung gimana tiap orang mampu ngambil resiko dlm hidupnya mungkin y?
kalo saya sih, kayanya bakal keukeuh sama prinsip dan ga melewatkan kesempatan. heuheu..

btw, blognya rame! terima kasih:)