Jumat, 18 Juli 2008

For Mony Deluxe


Ada lo, folder itu di my lovely kompi. Bukan game, bukan pula software2 aneh penghitung saham atau buat nge-hacker rekening orang (lebay ah). Tapi benar, isinya adalah sarana-sarana buat cari duit, atau folder tempat nyimpen hasil kerja yang menghasilkan duit. Sapa tau kepake lagi di masa datang.. heu2=p

...

Ngomong-ngomong soal money, ada pendapat orang tuaku yang mengakibatkan perubahan sikap (tidak ada lagi jatah "ongkos"). Karena udah lulus, tidak sepantasnya lagi kalo masih minta uang jajan. Cari duit sendiri! Udah gede lo! Dipikir-pikir, emang udah saatnya ya kita yang menafkahi orang tua. Udah 23 ni umur.. Ini jadi motivasi juga nih.. biar semangat cari duit..

Sejak SMA, udah ga zamannya lagi beli buku (buku fiksi ato majalah gitu) minta digantiin ortu, beli baju minta digantiin.. Yang pake sapa yang bayar sapa.. Yah, kadang digantiin sih=p tapi setengahnya, atau yang berhubungan dengan sekolah. Jadi ga ada tuh namanya sokongan dana buat nonton atau beli novel.. gapapa sih, kan bisa minjem kalo buku mah=) "Kalo mau yang begituan, sisain dong dari jatah ongkos," katanya (yang ternyata di-pas banget, heu2=p)

Dulu kupikir yang kayak gitu namanya pelit. Tapi sekarang kupikir itu namanya menghargai uang. Belajar berjuang buat dapetin apa yang kita mau. Dari SD, udah bikin tempat pinsil dari kain sisa terus dijual. SMP bikin proyek kartu lebaran, SMA dapet tender bikin nomer punggung buat sekelas. Pokonya yang minim modal (kerja dikit gapapa) tapi dapet duit, hehe. Abis itu belajar nabung, buat memanjakan diri sendiri sesekali. Uang ditumpuk-tumpuk juga sayang kalo ga dipake, tapi hidup ga dinikmati. Saatnya untuk hidup secara proporsional. Setiap ada yang masuk, bolehlah ada yang keluar, tapi ga lupa buat disisihkan.. Buatku sendiri, ini bikin semangat buat berkarya. Sekarang sih belum mikirin duit duit duit (walaupun udah ada tendensi ke arah itu), sekarang waktunya berkarya. Kalo kusuka ya kulakukan. Pokonya bermanfaat dan ga haram (heuheu=p), apalagi ada duitnya.

Oya, penting untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pribadi, tentunya yang berhubungan dengan uang. Misalnya, kelebihanku adalah lumayan bisa nabung dan cukup semangat buat ngelakuin apa aja (yang halal) buat cari pemasukan (asal ga MLM atau nyari orang). Kelebihan lainnya, saya ga ngoyo atau money oriented. Kalo kerjaannya kusuka, jumlah rupiah bukan lagi yang utama. Kalo belanja? aku lumayan bisa nawar walo bukan raja tega. Bisa melihat kesempatan (misal kalo diskon) dan ditunjang dengan prinsip "no brand oriented but quality".

Kalo ngomongin kelemahan.. hahaha.. kalo buat jalan-jalan bareng temen-temen yang sifatnya afiliatif, saya bisa boros. Hayulah kemana ajah! Untuk orang-orang istimewa, aku bisa royal. Untuk makan, aku bisa nikmatin banyak menu. Oya, kelemahan yang paling nampak adalah suka geregetan sama selisih harga. Misalnya kalo bisa nomat kenapa harus nonton weekend? Terus kalo di 21 bisa 10rb kenapa harus di Blitz yang 15rb? Bukan karena duitnya, tapi lebih ke kepuasan pribadi, bahwa aku bisa hemat 5000 buat nonton. Yang parah, demi ngebelain 2000 perak, aku sampe beli produk yang lebih odong-odong. Padahal kita pantas keluarin duit lebih buat kualitas, jeung!! Kadang kayak gini nyebelin..

Teorinya, kalo tau kekuatan dan kelemahan kita terhadap duit, kita bisa kontrol apa yang kita mau dan apa yang kita butuh. Tapi pada prakteknya ga semudah itu ternyata. sebagai wanita (yaelah...) ternyata masih ada suara-suara provokator yang bilang "beli aja sekarang... ga tiap hari lo ada ukuran S yang pas. bagus lagi.. kapan lagi ke sini? aduh diskon lagi, bla bla bla...." heup ah! dan akhirnya kubeli walau ga mendesak. Ya sih, nantinya bakal kepake juga, tapi kan ga sekarang banget?!! Kalo udah gitu, belinya juga antara seneng tapi merasa bersalah.. Liat di lemari! Ada berapa "baju buat kerja" yang kubeli tapi belom kepake? Eh, yang dipake yang lama-lama juga. Atau buku. Sekali baca biasanya cukup. Tapi si suara provokator itu bilang: buku tu investasi, kamu pantas punya buat dibaca ulang, murah nih, harganya pukul rata! tebel lagi, bisa persiapan buat kado... bla bla bla... heup ah! dan akhirnya kubeli juga tu buku-buku. Eugh.. geregetan!

Tapi ya sudahlah. Wong udah dibeli ini=D
Dipikir-pikir, bersiap-siap lebih baik daripada kelabakan, bukan?
So, masih ada persediaan baju kalo ga sempet nyuci seminggu kan ya?
Terus, sayang juga kalo uangnya habis cuma buat makan terus dibuang lagi kan?
Atau kapan lagi nonton film seru bareng temen-temen kan, belum tentu juga bisa pinjem DVD-nya... ya kan?

Ehm, yah.. ada lagi yang punya alasan bagus?

...Then I should get learn more...

1 komentar:

....WasiL.... mengatakan...

hehe..
gw mah udah dari jaman smp bener2 belajar mengendalikan hidup gw sndiri, hidup dari uang bulanan yg dikasi aja, dan gw men-set diri gw untuk ga pernah minta buat pemenuhan kebutuhan lainnya such as buku/something, even baju, gw support itu sendiri.
selain urusan spp sekolah, udah jadi tanggungan gw sndiri. nyokap kadang ga tega siy dgn kekeraskepalaan gw yg ga mau minta, cm ya gw jg ga nolak kl mereka (bonyok) ngasi tambahan ini itu.hehe..
buat gw, selalu ada anggaran untuk buku, karena buku adalah my 2nd boyfriend, hehe..
untung gw bukan penggila makanan, jadi gw sanggup puasa buat beli buku yg gw mau.
senang rasanya ada yg punya prinsip yg sama, walopun muara aliran dananya ga sama. hehe..
selamat belajar mengendalikan uang, jangan mau dikendalikan mereka, karena mereka ga akan pernah berhenti untuk nguasai sampe lo menjadi "gila".