Jumat, 18 Juli 2008

Back to Nangor Again


Minggu pagi yang hangat. Di bawah selimut tentunya. Ga inget ada Hp, tapi tiba-tiba ia berdering. Mamah. Ya ampun, ini udah jam 7... masa sih mau bangunin solat Subuh? (si Neno ngalindur). Heu, ternyata mamah bilang bahwa ntar jam 10, Om Dadi dari Tasik bakal dateng ke Bandung sama Bu Popon dan anaknya. Minta anterin Neno buat cari kosan ke Nangor. Dan mereka udah berangkat. Rumah kudu beres pokonya... Whattt???!! Yah.. gajadi deh jalan sama Budi ke Gasibu n ITC=s

Pas kita lagi masak-masak (artinya si Neno belon sempet makan), tepat jam 10 mereka datang. Aku belom mandi karena mau makan dulu n harus antri kamar mandi (Neng lagi nyuci). Karena rombongan udah dateng, mau ga mau tu kamar mandi jadi miliku. Mandi sekedarnya, pake wangi-wangi, lalu kenalan sama Bu Popon dan her daughter. Namanya Sari. Cewek manis tinggi, pake kerudung pink, kacamata. Geulis lah.

Sari keterima di Unpad lewat jalur SMUP yang fenomenal ituhh (Bagemana Keju??). Dia sih sebenernya kepengen masuk FKG, tapi FIK jadi pilihan pertamanya. So, sebelum SPMB happen, dia sudah ongkang-ongkang kaki cari kosan. Intensifnya di GO hanya sekedar absen sajah.. Ternyata eh ternyata, dia juga mo ikutan STAN. Kalo STAN di Jakarta jebol, dadah Nangor! 25 juta yang udah dibayar juga dadah!! Sang Ibu sangat ingin anaknya jadi PNS (secara beliau juga PNS bagian kepegawaian), apapun deh buat jadi PNS.. (Lebar pisan nya artosna? padahal byk yg pengen kul..=s)

Mamah tuh pesen untuk tanya-tanya soal PNS ke beliau. sapa tau kan ya.. ada koneksian gitu.. Tapi i'm sorry mom, anakmu ini rada ga minat jadi PNS (apalagi yang kerjanya di kantor pemerintah) mengingat track recordnya yang ga terlalu bagus. Iya, mungkin emang ga semua seperti itu, tapi ada beberapa hal yang kurang sreg buatku. Jadi, bolehkan aku untuk menapaki jenjang-jenjang karier yang penuh tantangan di luar sana, mom..?

Heup ah! Cukup ngomongin PNS.

Yah.. jadi, mulailah kami road to Jatinangor di Minggu yang panas ituh. Mereka pasrah aja mau dibawa kemana aja, pokonya guide-nya Teh Neno dah. Oke, pertama-tama, yuk kita mulai liat kampusnya..

Pertama kali lewat Pangdam, lanjut ke BGG. Aku berusaha meyakinkan mereka ada jalur yang lebih "normal" ke kampus buat pejalan kaki. Ga sehutan itu ko..=p Muter-muterin kampus sampai akhirnya nyampe depan FIK (sebelahnya Fikom). Dengan halaman berupa sawah, jembatan cincin, pemukiman padat plus background Gunung Geulis, kesannya Jatinangor teh gimanaaaa gitu. Tapi ah biarin, kece da. sayang kampusnya di gembok kalo Minggu.

Banyak penduduk setempat yang kumpul-kumpul di sekitar kampus. Biasa, Paun di bawah masih rame. Mereka pada nawarin kosan gitu deh. Tapi Om Dadi, yang pegang setir malah sesumbar udah punya guide, hehehe... Di sana ditanyain, "yang mana yang mau kuliah??" (penanya liat si Neno berbaju merah). "Adeknya... (penjawab liat si Sari berbaju pink), yang itu mah udah lulus.." kata Bu Popon sambil nunjuk. "Ooooooh..."

Mulai cari kosan. Bingung, mo darimana mulainya? Kosan di Nangor kan berjajar padat dari mulai Cikuda, Sukawening, Ciseke, Sayang, Caringin, GKPN.. Tapi mending yang deket dulu aja lah. Let's go to Ciseke!! First, iseng-iseng ke Bungamas (penuh!), masuk gang Ciseke kecil, nemu Pndok Dara 2 (penuh!), terus ke sebelahnya alias Pondok Karunia (kosan Mimim tea) dan masih ada dua kamar yang kebeneran kosong.. finally. Liat-liat kamarnya. Itu loh, kamar Mimim yang ke-2. Di pojok, lantai 2, ngadep dalem. Wuih, udah ngapain aja ya aku di dalem sana? hehe=p dari mulai nungguin ujan, nunggu kuliah, ngerjain tugas, numpang makan, numpang solat, dan numpang-numpang lain.. memorable banget kamar ituh! Thx ya Mimz=D

Yah, oke survey dilanjutkan..

Ketauan banget kali ya kita muka-muka cari kosan. Jadi beberapa penduduk (kayanya nyambi jd tkg ojek juga) ngintil kita kemana-mana. Pokonya semua yang kutunjukan adalah kosan-kosan yang pernah kumasuki. Apakah itu kosan anak Psiko maupun kosan BEMers. Kita ke pondok Resti, Pdk Sally, Pdk Anggrek.. pokonya smua deh. terus penduduk2 itu nganterin kita buat masuk ke tiap kosan lain, rekomen ini dan itu. Kita jalan terus, naik turun tangga.. nyampe hampir Sayang. Terus nyebrang di depan Ampera. Cari kosan lagi. Gile deh!

Masa hari gini udah pada penuh? Kosan-kosan bagus udah pada ditekin anak-anak lama. Apa kabar anak baru? dapetnya di pelosok banget atao mahal banget! Itu pun sisa-sisa. Harga kosan yang standar (kamar mandi di dlm) sekitar 4 jutaan. Di tiap kosan, kamar yang nyisa cuman 1 atau 2, dari mulai yang (cuman nyisa) di lantai 3 sampai yang kayak basement. Minim cahaya. Yang lumayan 6 jutaan. Bahkan kita nemu yang 9 jutaan! (padahal itu di Cikuda yang edun-jauh-lebih-jauh-dari-kosan-Beti). Tapi emang enak sih. Kamar mandi dalem, spring bed, lemari gede, meja gede, shower air panas, closet duduk, dicuciin, internet 24 jam, dll dll.. and all brand new! masih diplastikin. Tapi agak lebay punya kosan kayak gitu.. hehe=p

Laper gila. Jalan muterin Nangor seharian pas matahari di atas kepala. Akhirnya kita terdampar di Haryanti (pengennya Ceko, tapi jauh!). Sambil makan ayam kremes di saung, kita ngobrol lagi. Mo yang mana ya?? Pokonya Kos putri, ada yang jaga kosnya, bisa nyuci sendiri, deket dari kampus.

Jeng jeng.. Pondok Karunia yang terpilih! Mimz, ur room will be hers. Sari (aku juga) sebenrnya pengen yang 6 jutaan, yang ada kolam ikannya itu loh. Tapi ya gapapa. Pdk Karunia deket ko=D

Pulangnya, Om Dadi, yang nyetir nawarin jalan-jalan. Ibunya mau beliin tas buat Sari. "Kemana ya teh Neno? kita mah ikut ajah" Dziiing.. kamana nya?? Pasar baru? bukan daerah jajahan fave euy. Toeng toeng toeng (sound effect mikir).. Terminal Tas! Selalu jadi tempat tujuan kalo mo beli kado tas. Murah, bagus dan banyak pilihan. "Ya udah, Teh Neno aja yang tunjukin jalannya ya.." Dziiiiiing.. Lewat mana nya?? (saat itu udah di depan Gading Regensi)

Ya udah, di depan belok kanan... ntar naik fly over.. belok kiri. Yah.. lurus aja. Sekarang belok ke? Ah, belok kemana juga bisa. Terus, lurus.. belok kanan aja, eh, kiri deng. Apa kanan ya?? Kemana aja deh.. Toeng toeng toeng.. "Wah, Teh Neno mah asik ya, orang Bandung jadi apal jalan motong. Geuning jauh, belok-belok lagi". Neno pasang tampang nyengir (rahasia: tadi teh mumuteran ternyata, padahal tadi tinggal belok kanan juga bisa, langsung nyampe, heu2=p)

Karena Ibunya Sari looking forward di bagian tas mahal, dan si Neno yang udah paham di mana letak-letak tas murah.. Maka Sari berhak mendapatkan 2 tas sodara-sodara. Pokonya jatahnya sekian. Haha haha..

[...perasaan dulu wkt aku mo kuliah, boro2 sempet mikir kudu beli tas baru..]

Di depan parkiran, Bu Popon nanya sambil nunjuk tukang es duren. "Teh Neno mau?", dan tanpa ragu (dan ga tau malu), aku jawab MAUUUUUU!!

Wuih, what a day!

2 komentar:

bunda mengatakan...

no.....ya mapun..beda aja ya anak kuliahan sekarang makin makmur..apalagi jalur smup..yu daadah bye..bye..kadang2 ga respek gua sama mereka..hehe....
duh ga boleh ya...

Della mengatakan...

huhuhu jd rindu jatinangor, salam kenal
saya dulu kuliah di fikom, kosan sy udak kaacak, mulay dr ciseke, hegarmanah, sampe sukawening. heuheu...