Kamis, 10 April 2008

We've Only Just Begun

Gw harus bersyukur. Ga bisa engga.
Ini bukan keinginan, bukan insting, bukan naluri. Karena gw butuh untuk bersyukur.
Alhamdulillah..

Beberapa hari kemarin, gw seneng. Rezeki sedang lancar datangnya. Ya sih, memang jadi lumayan sibuk. Sampai harus ke luar kota segala. Udah kerjanya enak, sekalian jalan-jalan pula. Thanks to Iwan n Wisnu=D Karena ga enak kalo ga ada kerjaan. Di rumah ga banyak yang bisa gw lakukan. Revisi skripsi gw (lagi2) belum sempat terbaca oleh my beloved pembimbing. doi sibuk, "maaf belum sempat baca" gitu sms-nya. Oleh karena itu, dengan semangat menggebu-gebu, pulang dari luar kota masih aja mau ambil kerjaan tambahan.. kalo ga ngapa-ngapain ntar malah mikir yang nggak-enggak lagi...=p (actually i could take my time to rest anyway, but i didn't..=p) Gw menggarap kerjaan itu di rumah sama Fitricia. Walau tanpa perencanaan, Fitri gw boyong ke rumah, sedangkan rumah masih kayak kapal pecah.. sebelum kerja gw masih aja ga berenti smsan, jadinya ga mulai-mulai.. jam 2 tepar dan baru ngerjain lagi paginya.

Gw sengaja mengurangi banyaknya file, biar santai, biar bisa istirahat. Karena lusanya, gw dipanggil untuk datang ke suatu perusahaan. Whuah.. ternyata yang gw apply dari job fair itu loh. Peserta yang diundang sekitar 12 orang. Cewenya ada 4 orang, semuanya lulusan Psikologi, ada dari Maranatha dan UPI juga. Yang lainnya cowo (bukan Psi). Pas ngobrol-ngobrol, baru tau sebagian dari mereka udah pada kerja.

Awalnya disuruh psikotes (padahal kemaren baru ngetes=p) lengkap dengan grafis sampe pauli.. ko gambar gw gitu-gitu doang ya dari dulu? walau gw tau dikit apa ini apa itu, tapi tanagn gw bisanya ya bikin yang kayak gitu aja. ga banyak perubahan. ya sudahlah.. anggap aja valid. pauli nambah banyak dari sebelumnya. pertambahannya cukup signifikan (mengingat kemaren baru "berlatih" dengan skoringan=p).

Next, interview. ga formal-formal amat sebenarnya. Semuanya lancar dan meyakinkan sampai tibanya kita pada bagian "gaji". Sebagai (calon) fresh graduate psiko yang udah punya temen-temen pengalaman di-interview dan ditanya gaji, gw pake standar mereka. Sebutlah gajinya X1. Pewawancara minta nego, gw bilang baiklah. I said an X2. Sotoy lagi bilang temen-temen biasanya segitu juga, tapi ga bisa jawab di perusahaan mana. Ternyata eh ternyata.. doi bilang kayaknya ga bisa mengabulkan high expectation kayak gw. untuk seorang fresh graduate with no experience at all, palingan gw masuk standar basic OD. belum ke tahapan junior OD, senior OD atau specialist OD. Dan kisaran X1 X2 gw adalah kisaran junior high to senior OD. Ternyata kita pake standar yang beda. Higs..

Dipikir-pikir, emang sih, dengan intensif (kalo ada), uang makan, transport, bonus dan tunjangan, pendapatan seorang fresh grad bisa mencapai X1 atau X2 yang tadi permintaan gw. tapi untuk gaji pokok ga segitunya. Sedangkan kita ngomongin "gaji pokok". Secara tidak langsung, i think she said sorry. Huaaaagh.. Tapi dia bilang, kalo emang gw semanget banget, coba kerjain aja tugas khususnya (kita semua dikasih PR). Kalo bagus banget mungkin bisa dipertimbangkan. Gw jadi ga gitu semangat eung=p But, i will try.

...

Yah, intinya adalah.. be careful pas wawancara. ada bagian-bagian sensitif yang memerlukan pertimbangan dan survey. otak kita ga boleh sepi. selain hal-hal standar kayak appearance, kita juga mesti tau soal posisi apa yang kita mau (harus ada bayangan kerjanya gimana), dan pertimbangkan standar gaji!! ga usah kegedean. PD boleh dan mempertahankan standar. Tapi jangan sotoy. Heuheu, sungguh pelajaran berharga. I wont do that again. Jangan sampai failed cuma gara-gara kita kurang survey dan menetapkan standar yang terlalu tinggi. Gaji tinggi bisa diperjuangkan setelah kita masuk. Toh jenjang karier dan kesempatan promosinya juga memungkinkan untuk dikejar. Bukan begitu?
Btw, gw baru tau istilah OD itu ya kemaren. Gw kira sejenis "over dosis", hehehe=p Tapi ga mungkin banget kan ya.. jadi gw maen tebak kata yang kira-kira nyambung.

Tuh, bener kan.. OD itu Organizational Development. Biasanya bersatu sama bidang Human Resources System Departement. Jadi, kalo OD & HR Departement maksudnya kayak PSDMO-nya gitu kalo di BEM... Nah, level basic itu ternyata nantinya baru akan jadi officer. Oooo bulet.

Perjuangan baru dimulai, sister.


Sincerely,
Neno

Just wanna share. Mari belajar dan tuker pengalaman sama-sama. Untuk keterangan X1 atau X2 sama dengan berapa, di belakang aja kali ya..


Tidak ada komentar: