Rabu, 11 Juni 2008

Radio


...You are in my head..
swimming forever in my head, tangled in my dreams,
swimming forever...


So listen to the radio (listen to the radio)
And all the songs we used to know, oh, oh
So listen to the radio (listen to the radio)
Remember where we used to go...
(Radio, The corrs)


Setelah berkutat bertahun-tahun dengan mp3, bersikap autis dengan playlist dan chart lagu sendiri.. Akhirnya, beberapa hari belakangan ini mulai balik lagi ke radio beneran. Ntah ada angin apa gerangan.. Pilihan radio jatuh ke salah satu radio anak muda. Radio yang bejibun audubillah iklannya, dan penyiar yang ga bakat makan gaji buta (alias banyak ngomong).. tapi lumayan lah=)

Hm.. dan sekarang mulai lagi masanya untuk iseng-iseng rikues ke radio.. (bosen sama lagu yang keputer di mp3 yang ituuu itu aja). Refreshing dulu la ya.. Kali aja banyak lagu-lagu baru yang bagus=D

***

Teringat masa lalu.. sekitar 8 sampai 6 tahun lalu. Waktu itu masih zaman SMA kelas 1 atau kelas 2-an lah. Saat itu, tiada hari tanpa radio. Mo gimana lagi, selama beberapa bulan, TV di rumah dbiarkan mati, sebelum akhirnya tergantikan dengan yang baru. Inget banget deh. Dulu, umur 5 taun-an, waktu RCTI pertama ada, TV berwarna pertama (14 inchi, segede laptop=p) pun dateng ke rumah sampai saat kematiannya.. Sampai akhirnya.. datang juga TV yang ini (sekarang dah ga baru lagi=p)

Saat itu, karena ga ada TV, maka radio adalah alternatif utama, karena ikutan nonton ke rumah tetangga males banget.. Keren juga ya, tanpa tuntutan berarti ke orang tua, kami (si Neno sama si Budi) sebagai anak muda, sanggup untuk ga minta TV selama beberapa bulan. Tanpa doraemon di minggu pagi, tanpa dunia dalam berita, tanpa MTV..

Nah, sekarang ceita tentang radio. Radio pertama yang kudenger dan ga pernah ku geser2 frekuensinya adalah OZ. Zamannya Sogi Indra Duaja masih jadi Music Director, masih ada Alford, Annisa Larasati Pohan, dan Choky Sitohang masih pada siaran. Zamannya Roni the wheel sama Vivie Novidia, Claudia Lengkey (CL107) masih ada. Duh, urdu banget ga sih.. Saking seringnya denger radio, aku jadi orang paling update sama lagu-lagu. Baru bisa ngoprasiin internet, jadi yang dilakukan bukan buka FS, tapi cari lirik, sodara2. Dengan rajinnya ku-prin dan kufotokopiin buat temen-temen (yang ternyata menyebar pula ke kelas sebelah). Dari dulu sampai sekarang, pendengarnya OZ dipanggil "mojang-bujang" sama para ponggawa (penyiar -red). Hm, waktu itu, wah.. diriku berasa mojang sejati lah=)

Yang menguntungkan, dulu (entah kenapa bisa) telepon rumah disimpen di kamar, pas di atas meja belajar. Akses telepon ini membuat proses rikues-merikues dan kuis-menguis menjadisangat mudah. Tinggal redial nyambung. Dan dengan bahagia dan tanpa malu, ikutlah aku ke setiap kuis. Dari mulai disuruh nyanyi atau ngapain kek. Kan banyak tuh promo. Temen-temen se-genggong di Djawers (1D-2D V'03) semua dengernya OZ. Anggi, Mimiew, Dani, Peperz.. Dari mulai rikues-rikuesan (dulu masih ada OPP on duty, belum musim sms-san) sampe objek ngerjain tugas bahasa indonesia.. kita ke OZ. Trus, kalo misal daku menang kuis, mereka akan langsung tau n nelepon minta traktir. Hehehe2.. Inget banget deh, sempet dapet beberapa CD ato kaset (Ricky Martin, BadBoys II, Jikustik, Mocca, dll --> dulu ga pernah beli kaset, ga ada anggaran), uang tunai (my fave), produk segaban (dari mulai paket mandi biore buat tiga bulan, crackers segunung, tas three rey, paket tas dari coca cola waktu piala dunia, dll), voucher makan (dulu di cafe Geulis Dago sama Atmosfer), atau voucher belanja (Cargo) yang bajunya masih kupake sampe sekarang. Senangnya.. Dalam sebulan, pasti ada mampirnya ke Setrasari (yang gile bener jauh banget dari sekolah.. naik turun gunung..).

Dan setelah TV kembali, radio mulai sedikit ditinggalkan. Euforia liat iklan2 baru berderet2 and sinetron dengan muka2 baru (tapi waktu itu, daku ga norak n tetep up2date=p). Naik ke kelas 3, sebangku sama Amoy.. (apa kabar, Neng?) Doi yang Ardan banget. Dan akhirnya dikit-dikit kugeser ke Ardan. Sekarang statusnya jadi "insan muda". Ni radio lebih banyak iklannya. Segambreng-gambreng deh. Penyiarnya pada doyan ngomong semua. Lagunya ga ada yang utuh, ada suara penyiarnya mulu (jadi ga bisa direkam --> gpp dong pembajakan untuk diri sendiri --> sekarang tape-nya dol). Tapi lagunya emang up-date banget. Dan hadiah segambreng2 tetep ada. Ikutan kuis-kuisan juga. Asiknya, duku kalo di Ardan, menang kuis malem ini, besok pagi hadiahnya bisa diambil. Kalo di radio sebelumnya, harus nunggu seminggu atau lebih.. Pernah dapet apa ya dari sini? Hm CD, kaset, duit, voucher makan, celana jeans (daku dapet dua dong..), heuheu, apa lagi ya.. lupa=p Udah tua sih, jadi ga sesemangat dulu.. Saat itu, TV kembali ga jadi sorotan. Belajar bo buat SPMB. Radio kembali berperan. Sekarang cari radio yang cuma muterin lagu, minim iklan, minim penyiar. Soalnya ga konsen denger orang ngoceh, ketawa mulu seh..

Setelah itu, lewat dari SPMB.. jarang liat TV juga.. lebih banyak keep in touch sama babon, jalanan raya Bandung-Jatinangor, kampus, SC, lapangan bola dan futsal, dll.. Mulai akrab sama PC dan winamp yang lagunya bisa di-DJ sendiri.. Palingan liat MTV sesekali buat update lagu. Trus dapet up-datean lagu dari temen-temen yang selera musiknya lebih luas. Mulai suka emo (thx to Topan Iwan) yang agak gonjreng.. (dulu kan taunya Westlife doang, hehe5)..

Yah, radio ternyata berperan penting dalam pertumbuhan hidup seorang Neno remaja. Mungkin pengalaman public speaking pertama adalah dengan 'ga tau malu' ikutan kuis di radio (yang kadang2 dikerjain sama penyiarnya), mulai tambah kosakata dan grammar bahasa Inggris dari lirik lagu yang di download dari internet, info gosip artis, hadiah-hadiah kuis.. haha.. sampai ide bisnis buat bikin 'Bojek FM'. Sengaja-ga sengaja, wawasan jadi luas, jadi kreatif, jadi terinspirasi, kenal banyak orang, dan bisa multitasking. Trus bisa belajar lebih empati juga (biasssa.. dengerin penyiar cowo tengah malam yang sabar banget dengerin cewe2 bersuara serek sok imut pada curhat dengan lagu-lagu mellow)..

Sekarang ni lagi dengerin radio. Lucu juga. Boleh rikues lagu, tapi ceritain dulu sejarah lagu itu kenapa dipilih. Nah, curhat deh tuh cewe-cewe.. Dimana-mana denger orang curhat (ni bakat MTA terpenuhi banget lah). Oya, salah satu yang dulu ga pernah dilewatin adalah acara rikues (karena lagu-lagunya enakeun semua) dan... "Pojok Ngeres" (hehehe... ini bahasan yang sehat loh. Ada dokter sama pakar-pakar dari MCR juga). Hahaha x)

Yah, ilmu dan kesenangan kadang emang bisa berjalan seiringan.
Contohnya ya lewat media radio ini. Ya, ga?




1 komentar:

Anonim mengatakan...

aaaa. so sweet!